Minggu, 16 Oktober 2011

Panduan Untuk Menginstal Ulang Software Blackberry 8520 Gemini


Postingan pertama saya pada kali ini adalah mengenai tutorial Instalasi Operating System Blackberry Gemini 8520,waktu pertama kali saya memakai blackberry ini saya memang berniat untuk meng-uppgrade software bawaan resmi dari rim yang disediakan oleh vendor asal kanada tersebut,setelah mencari di paman google, akhirnya saya menemukan cara bagaimana  melakukan proses instalasi ulang tanpa perlu ke gerai resmi blackberry dan menggelontorkan uang minimal rp.75-ribu hanya untuk menginstall ulang blackberry mereka,

Sebelum saya melanjutkan penjelasan langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan proses penginstalan dengan sempurna.Perlu di ketahui bahwa saat ini kebanyakan orang menggunakan os hybrid dikarenakan mereka menganggap os hybrid lebih ringan,batere awet atau apalah

Kalo saya sih  berpendapat lain ,mengapa?logikanya sangat sederhana.

#pertama :Ada yang mengatakan batere lebih awet,kalo menurut saya sih sama saja,karena kualitas batere itu dipengaruhi oleh suhu ruangan,kualitas jaringan dan pengaturan di hanheld anda sendiri,jika sinyal buruk dan suhu ruangan agak tinggi plus semua aplikasi pada jalan semua(termasuk bbm)bisa jadi batere itu cepat panas dan cepat terkuras habis.pake handheld apapun kalo memang kondisi nya begitu ya memang boros.

#kedua   :Ada yang mengatakan os hybrid sangat ringan dan apalah,bisa jadi dikarenakan para pembuat hybrid memangkas aplikasi bawaan yang ada di os tersebut agar kapasitas memory internal bisa bertambah,padahal sama saja kalo kita menginstal aplikasi yang tidak perlu ato banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan  ,bisa jadi jam pasirnya nongol lagi deh..heheh

# ketiga :RIM sangat tidak menganjurkan menggunakan OS selain OS resmi karna di takutkan os yang tidak resmi yang disediakan di berbagai situs berisi semacam malware ato spyware yang bisa mengacak-acak system yang ada di handeld anda sehingga dengan mudah mengetahui semua isi privasi anda,lagipula OS-nya gemini memang sudah mentok di OS 5,ngga perlu pake OS versi 6 segala karna diliat dari kemampuan hardwarenya memang blackberry 8520 gemini sudah mentok di OS 5.Nah kalo gitu daripada ambil resiko mending menggunakan OS asli bawaan RIM aja yang disediakan di situs Resmi blackberry.semua yang di butuhkan ada kok disana.
.
Nah untuk proses Instalasi Ulangnya adalah sebagai berikut :
Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk upgrade ini adalah
Alat :
# PC atau Laptop
# Kabel Data
# Handset BB anda

Bahan :
# Jaringan Internet untuk download
# Software Desktop Manager (DM),Download disini
# Software OS yang akan diinstall di BB
(untuk Gemini terbaru pake OS 8520wifiM_PBr5.0.0_rel1728_PL5.2.0.96_A5.0.0.1067_AT_T saja)
link nya coba disini.
# Software JL. Cmdr,
Selanjutnya langkah-langkah yang dilakukan untuk upgrade atau install ulang OS adalah :

1. Install pada PC/laptop anda semua bahan di atas. Kemudian restart PC/laptop anda

2. Delete file vendor.xml
Pada PC, browse ke folder :
[C:Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader]

Keterangan :
sangat disarankan untuk menghapus d vendor.xml : untuk menginstall OS yg bukan dr operator/vendor BB anda
Note : ada beberapa kasus dimana file vendor.xml ‘muncul’ lagi setelah di-delete, jika hal itu terjadi ? matikan koneksi internet PC anda sblm mulai ritual upgrade

3. Back Up data pada BB anda ke PC/Laptop
Sambungkan BB anda ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel data dan BB harus dalam keadaan ON
Backup data ada dua yaitu Full atau Partial (diambil yang perlu)
Backup Full :
Jalankan DM - Pilih “Backup and Restore” - Pilih “Backup” - Tempatkan File anda pada PC - “Save”
Backup Partial :
Jalankan DM - Pilih “Backup and restore”-Pilih “Advance”
(akan nampak jendela kiri dan kanan) - Seleksi file apa saja yang anda inginkan - tekan panah pada tengah kolom yang mengarah dari jendela kanan ke jendela kiri. - “File Save” (tempatkan file backup anda di PC anda) - ada dialogbox “do yo want to encrypt the backup file?” - pilih “No”.
Kemudian close program DM

4. Wipe handset BB
Proses ini sering kita lakukan untuk mengawali pengosongan OS pada device sebelum Reload OS dan memang dianjurkan untuk Wipe error 507 sebelum kita jalankan proses Upgrade/Reload OS pada Blackberry device. Dengan software Jl.Cmdr inilah tujuan kita untuk membuat Blackberry device supaya menjadi Error 507.yang berarti device tersebut tidak Ber-OS Lagi alias kosong.
Cara seperti ini bisa dilakukan untuk device dalam keadaan normal, bukan yang dalam keadaan Nuke/blank dsb, karena tidak semua keadaan error bisa kita lakukan dengan tujuan wiping seperti ini, terlebih jika device dalam keadaan error terdapat password yang kita tidak tahu password itu ataupun device gagal atau tidak bisa loading 100% sehingga tidak bisa mengindikasikan PIN pada Komputer.Hal ini tidak bisa diakukan dengan cara Wipe dengan Jl. Cmdr
Cara jalankan file JL cmdr yang telah anda install di PC (close terlebih dahulu program DM)
- press any key (tekan sembarang tombol)
- dialog password pilih No jika tidak ada
- ada pilihan 1,2,3,4,5 Pilih Nomer 4 (proses Wipe)
- dialog box pilih yes dan ketik Blackberry
Tunggu dan pastikan Device sampai nampak layar putih dan bertuliskan ditengah “reload software 507”

5. Mulai Upgrade Software/Isi software dengan menjalankan “Loader.exe”
Sebelum mulai BB harus dalam keadaan ON, kemudian tutup program JL cmdr maupun DM.
Kemudian jalankan “loader.exe”, file nya bisa cari di c:/program files/common files/research in motion/Apploader “Loader.exe”
(untuk memudahkan tarik shortcut aja file loader.exe itu ke desktop layar komputer)
Centang sesuai dengan yang anda butuhkan, untuk OS 5.0 disarankan hanya untuk aplikasi standart core dari original OS blackberry dan untuk aplikasi tambahan lain kita bisa download sendiri terpisah seperti : yahoo messenger.MSN,GoogleTalk,Facebook dll setelah proses reload software.
Anda juga bisa menyertakan aplikasi pihak ketiga dengan memilih tombol “Add” dari Application Loader cari dan tempatkan aplikasi file alx dari aplikasi yang anda inginkan.
Aplikasi standart core dari OS blackberry yang harus anda centang seperti pada gambar dibawa yaitu : Bahasa, Blackberry Map, Blackberry Messanger, Brickbreaker (game), Memopad, Password keeper, World mole (game), DocumentToGo.
“Next” dan ikuti langkah selanjutnya sampai terlihat tulisan software telah berhasil.
Kemudian cabut BB dari Laptop/PC dan biarkan proses loading software berjalan di device anda terkesan seperti Restart lama, memang lama biarkan sampai device menyelesaikan sendiri sebagian proses Upgrade tersebut, dan waktu untuk proses loading upgrade pada device itu sendiri sekitar 15 menit dan total Total waktu dalam Upgrade 20-30 menit

6. Restore Data
Restore kembali data yang telah di back up ke BB anda.
Restore data ada dua Full atau Partial (diambil yang perlu)
Restore Full :
Jalankan DM - Pilih Backup and Restore - Restore
Restore Partial :
Jalankan DM - Pilih Backup and restore-Pilih Advance
(akan nampak jendela kiri dan kanan) - pada jendela Kiri cari File Open,- cari file dimana anda tempatkan pada proses backup - Seleksi file apa saja yang anda inginkan - tekan panah pada tengah kolom yang mengarah dari jendela kiri ke jendela Kanan. - ada dialogbox pilih yes

Setelah itu cabut batere BB anda dan biarkan BB loading kembali,agak lama itu brarti proses instalasi ulangnya berjalan dengan normal
Tips diatas juga berlaku buat operating system dan type blackberry laennya tinggal mencocokkan jenis OS yang di butuhkan
Semoga pengalaman saya ini dapat membantu anda jika masih blm mengerti datanglah ke tempat-tempat service blackberry terdekat anda. Segala kerusakan maupun kehilangan data bukanlah tanggung jawab saya.

9 komentar:

  1. makasih ya tas artikel yang sangat penting ini, moga ja anda sukses, amien .............

    BalasHapus
  2. makasih bnyak kag,, ;) good luck

    BalasHapus
  3. Sukses besar! Terimakasih banyak sebanyak banyaknya, mas! semoga sukses!

    BalasHapus
  4. Thanks ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ ini sngat bermanfaat

    BalasHapus
  5. cara download JL CMdr gmn gan thanks?

    BalasHapus
  6. kalau windows 7 64 bit muncul masalah nggak.? sepertinya prosesnya gak berjalan lancar tuh

    BalasHapus
  7. Tlg dunk infonya,, bb gw lpa backup dta nya, jd kosong total,, gmn
    Solusinya, da gk cra instal blackberry 8520 gemini yg kosong total tanpa ad backupnya scra ofline, pusing ne cri tutorialnya, tlg ia, mumet,,hehe

    BalasHapus